lorenzo benci terhadap marquez karena tolak kepindahan ke honda

Jelang balapan MotoGP Amerika Serikat, media Spanyol mengungkap alasan Jorge Lorenzo membenci kompatriotnya di MotoGP yang saat ini sedang berseteru dengan Valentino RossiMarc Marquez.

Lorenzo sebelumnya diberitakan Don Balon menjadi salah satu dari enam pebalap selain Rossi yang membenci Marquez. Lorenzo diklaim Don Balon membenci Marquez karena kehilangan penggemar dan status pebalap nomor satu asal Spanyol.
Media Spanyol Diario Gol mengungkap alasan lainnya kenapa Lorenzo membenci Marquez. Lorenzo diklaim membenci Marquez karena mencegah kepindahannya ke tim Repsol Honda saat meninggalkan Yamaha.

Setelah memutuskan untuk meninggalkan Yamaha pada pertengahan musim 2016, Lorenzo sempat melakukan negosiasi dan hampir bergabung dengan Repsol Honda. Namun, kepindahan Lorenzo dicegah Marquez.

Lorenzo kemudian memilih bergabung dengan Ducati. Insiden itu yang membuat Lorenzo dikabarkan tidak memberi dukungan Marquez yang kembali berseteru dengan Rossi usai balapan MotoGP Argentina, 8 April lalu.
lain kesempatan, Lorenzo mungkin akan memberi dukungan kepada Marquez. Sekarang tidak. Pebalap asal Catalonia [Marquez] menutup pintu Honda sebelum Lorenzo bergabung dengan Ducati," tulis Diario Gol.

"Marquez selalu memilih rekan setim yang kurang kompetitif tapi pintar, seperti Dani Pedrosa. Pebalap yang banyak membantunya dalam mengembangkan sepeda motor," sambung pihakDiario Gol.

Lorenzo belakangan dikabarkan akan berlabuh di Suzuki mulai MotoGP 2019. Pebalap 30 tahun itu diplot menjadi pengganti Andrea Iannone, pebalap yang juga dia digantikan ketika pindah ke Ducati.

Memasuki MotoGP Amerika Serikat di Sirkuit Austin, 20-23 April mendatang, Lorenzo baru meraih satu poin setelah finis posisi 15 di MotoGP Argentina. Pada seri pertama di MotoGP Qatar mantan pebalap Movistar Yamaha itu gagal finis.

MotoGP Amerika sendiri bisa disaksikan secara live pada Senin (23/4) dini hari WIB. (bac)
Saksikan Siaran Langsung 



 

Hal Baru di MotoGP 2018

Peluncuran motor anyar Valentino Rossi dan Maverick Vinales. MotoGP 2018 akan menyajikan 11 hal baru MotoGP 2018 bakal segera dimulai. Sirkuit Internasional Losail di Qatar bakal menjadi start perdana ajang balapan motor bergengsi di dunia tersebut yang akan dimulai pada Minggu (18/3).

Tak ada perubahan berarti dari beberapa nama pebalap top dunia di tim masing-masing. Nama-nama macam Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Jorge Lorenzo masih membela tim pabrikan masing-masing musim ini.
Mereka tetap menjadi tumpuan setiap tim untuk meraih gelar juara. Meski demikian, MotoGP 2018 tetap menghadirkan sejumlah hal baru.

Lihat juga:


1. MotoGP Digelar 19 Seri, Pertama dalam Sejarah

Perubahan pertama yang akan tersaji di MotoGP 2018 adalah penambahan jumlah seri ajang balapan tersebut. MotoGP tahun ini akan bertambah dari 18 menjadi 19 seri untuk kali pertama sepanjang sejarah.
MotoGP 2018 akan digelar di Sirkuit Buriram Thailand pada seri ke-15. (AFP PHOTO / Lillian SUWANRUMPHA)MotoGP 2018 akan digelar di Sirkuit Buriram Thailand pada seri ke-15. (AFP PHOTO / Lillian SUWANRUMPHA)
Jumlah 18 seri tersebut sebelumnya sudah bertahan selama 17 tahun sejak 2010. MotoGP terakhir kali menggelar 17 seri pada 2009.

MotoGP bertambah menjadi 19 seri musim ini setelah Sirkuit Buriram Thailand resmi menjadi salah satu tuan rumah ajang motor balap tersebut. Thailand akan menggelar MotoGP pada seri ke-15, 7 Oktober 2018.

2. Bakal Diikuti Lima Pebalap Rookie

MotoGP 3018 bakal diikuti lima pebalap muka baru atau rookie. Pertama adalah pebalap berdarah Italia-Brasil, Franco Morbidelli naik kelas dari Moto2. Anak didik Valentino Rossi itu resmi bergabung bersama tim Marc VDS.

Berikutnya adalah Xavier Simeon yang baru memulai karier di MotoGP pada usia 28 tahun. Simeon bergabung bersama Reale Avintia Racing tahun ini. 

Selain dua nama tersebut, ada pula nama pebalap rookie MotoGP seperti Thomas Luthi (Marc VDS), Takaaki Nakagami (LCR Honda), dan Hafizh Syahrin (Yamaha Monster Tech3).

3. Syahrin Pebalap Asia Tenggara Pertama di MotoGP

Hafizh Syahrin melengkapi lima pebalap rookie MotoGP musim ini. Bakal bergabungnya Syahrin juga menjadi catatan baru di ajang balapan itu.
11 Hal Baru di MotoGP 2018Pebalap asal Malaysia Hafizh Syanrin akan memulai debut MotoGP di Sirkuit Losail Qatar. (AFP PHOTO / MOHD RASFAN)
Syahrin menjadi pebalap pertama dari Asia Tenggara yang akan bersaing di MotoGP, tentu sekaligus yang pertama dari Malaysia. Ia dikontrak tim Yamaha Monster Tech3 untuk menggantikan Jonas Folger yang menderita sakit sehingga absen tahun ini.

Pebalap yang pernah meraih tiga kali podium juara Moto2 itu dipercaya bakal mendongkrak animo Malaysia yang juga menjadi tuan rumah di salah satu seri MotoGP.

4. Tiga Pebalap Berganti Tim

Scott Redding resmi hengkang dari Alma Pramac Racing ke Aprilia Racing Team Gresini tahun ini, sementara posisinya digantikan Jack Miller yang meninggalkan Marc VDS Racing.
11 Hal Baru di MotoGP 2018Jack Miller hengkang dari Marc VDS ke Pramac di MotoGP 2018. (AFP PHOTO / Mohd RASFAN)
Rekan setim Miller di Marc VDS, Tito Rabat juga hengkang dan bergabung bersama Reale Avintia Racing.

Tim Marc VDS sendiri mendatangkan dua rookie yakni Thomas Luthi dan Franco Morbidelli untuk mengaspal di MotoGP tahun ini.

5. Trofi Penghargaan untuk Tim Pabrikan dan Satelit

MotoGP menerapkan regulasi yang berbeda untuk tim pabrikan dan tim satelit. Kemudahan regulasi diterapkan untuk tim satelit demi mengurangi kesenjangan dengan tim pabrikan.

Untuk itu, tahun ini juga akan bertambah dua trofi penghargaan yakni kategori gelar terbaik untuk tim pabrikan dan tim satelit.

6. Aturan Baru Penyeragaman Jarak Setiap Sirkuit

MotoGP musim ini juga menerapkan aturan baru terkait penyeragaman jarak masing-masing sirkuit. Seperti diketahui, Dorna selaku pihak penyelenggara ingin menyeragamkan durasi finis setiap seri demi mempermudah penjadwalan pemegang hak siar.

Dengan begitu, ada sekitar tujuh sirkuit yang akan dipotong jumlah lap sehingga memiliki durasi finis yang sama. Sirkuit tersebut antara lain Austin, Le Mans, Barcelona, Brno dan Misano yang dipotong satu lap. Begitu pula Misano (dipotong dua lap) serta Valencia (dipotong tiga lap).

7. Membatasi Jumlah Pebalap Wildcard

Pihak penyelenggara juga akan menerapkan pembatasan jumlah pebalap wildcard tahun ini khusus untuk tim pabrikan. Regulasinya adalah setiap tim hanya boleh memiliki maksimal tiga pebalap wildcard per musim.
Pebalap wildcard akan dibatas di MotoGP 2018.Pebalap wildcard akan dibatas di MotoGP 2018. (AFP PHOTO / JOSE JORDAN)
Tim pabrikan macam Ducati dan KTM sebelumnya kerap mengandalkan pebalap wildcard. Namun, pebalap tes tersebut seperti Michele Pirro dan Mika Kallio juga mengikuti tiga kompetisi berbeda tahun lalu.

Untuk mengurangi tersebarnya pebalap wildcard yang mengikuti ajang lain, komisioner MotoGP membuat aturan pembatasan pebalap wildcard. Sementara itu tim satelit Suzuki, KTM, dan Aprilia masih boleh menggunakan hingga enam pebalap wildcard karena mendapatkan konsesi pada 2018.

8. Kantung Udara Wajib Digunakan

MotoGP 2018 juga kini mewajibkan penggunaan kantung udara kepada setiap pebalap pada jaket balap. Seperti diketahui, sejumlah pebalap sebelumnya amat bergantung terhadap kantung udara untuk menghindari cedera fatal apabila terjadi kecelakaan.
Kantung balap akan mengembang beberapa ribu per detik begitu sensor mendeteksi bahwa si pebalap yang bersangkutan terlontar atau terjatuh dari motornya.

9. Perubahan Nama Aspar Menjadi Angel Nieto

Satu tim kontestan MotoGP melakukan perubahan nama dari Aspar Racing menjadi Angel Nieto untuk menghormati pelap legenda itu yang meninggal Agustus 2017 akibat kerusakan otak.

Nieto pernah menjadi pebalap andalan tim itu dengan mempersembahkan 13 gelar juara dunia motor balap.

10. LCR Pakai Dua Pebalap Seperti di 2015

Ada perubahan komposisi bagi tim LCR Honda tahun ini. Setelah dua musim sebelumnya hanya menggunakan jasa Carl Crutchlow, tim satelit Honda itu akan mengikutsertakan dua pebalap.
Pebalap rookie Takaaki Nakagami bakal menemani Cal Crutchlow di tim LCR Honda pada MotoGP 2018. (Pebalap rookie Takaaki Nakagami bakal menemani Cal Crutchlow di tim LCR Honda pada MotoGP 2018. (AFP PHOTO / MANAN VATSYAYANA)
Takaaki Nakagami direkrut LCR untuk menemani Crutchlow membalap di setiap lintasan. Dengan demikian, LCR kembali ke format dua pebalap utama seperti pada 2015. Nakagami merupakan pebalap rookie MotoGP musim ini.

11. Tanpa Folger, Loris Baz, Lowes dan Hector Barbera

Tercatat ada empat pebalap yang tak lagi meramaikan MotoGP 2018. Selain Jonas Folger yang mengalami sakit, ada tiga pebalap yang sudah pensiun berkarier di MotoGP. Mereka adalah Loris Baz, Sam Lowes, dan Hector Barbera.
Jonas Folger absen di MotoGP 2018 karena tengah menjalani masa penyembuhan sakit yang dideritanya. (Jonas Folger absen di MotoGP 2018 karena tengah menjalani masa penyembuhan sakit yang dideritanya. (AFP PHOTO / Robert MICHAEL)
Loris Baz memutuskan untuk berkarier ke kejuaraan dunia Superbike, sedangkan Hector Barbera kembali ke ajang Moto2. 

Sementara itu, Sam Lowes tak kunjung mendapatkan tim hingga ajang tes resmi MotoGP 2018 berlangsung usai didepak dari Aprilia Gresini. Tim itu memutus kontrak Lowes yang baru berakhir pada 2018 lantaran performa buruk pebalap tersebut pada musim 2017. 

Komentar